Jumat, 15 Agustus 2014

POST 17: Mean People Suck!

#teorikeiykul #2 - Be nice!


Berbuat-baiklah!


Berbuat baik yang gw maksud adalah yang berhubungan dengan perasaan orang lain karena "be good" kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia juga akan memiliki terjemahan yang sama padahal maksudnya berbeda. Mungkin "be nice" bisa juga diartikan "bermanis-manislah!". Analoginya adalah ketika lo kasih sedekah ke anak yatim. That's "good". Tapi, kalau lo ngasi duitnya dilempar ke muka tuh anak? that's not "nice". Karena yang lo lakukan bisa menyakiti perasaan orang lain. Ya maksud gw begitulah simpelnya.

"I'm not the nicest person on earth", kalau kata Binar, seorang kawan yang kepindahannya ke Bali bikin gw merasa hampa...cailah! Nah kita semua nih emang ga bakal bisa jadi the nicest person on earth. Kata sapa? Kata kaka keiykul. Kok ga bisa sikk?? Ya karena kita emang ga tau apa aja sih yang sebenernya dilakukan orang paling baik se-dunia itu sampai doi bisa dikasih titel demikian. Akan tetapi, walau ibaratnya kita ga akan pernah bisa duduk di puncak klasmen orang terbaik se-dunia, jangan pernah nyerah buat berusaha jadi orang baik walau di papan bawah sekalipun karena berbuat baik itu menyenangkan. Semenyenangkan ngeliat binatang peliharaan lo bisa jajan sendiri ke warteg beli makan siang atau bisa ngeflush toilet sendiri pas abis pup (gitings anaknye! hahaha). Tapi beneran deh, kalau dirasain setelah melakukan hal baik untuk orang lain itu rasanya seperti lo menambah guna kelahiran diri lo selain cuma menambah kerjaan tukang ketik akte lahir di dinas kependudukan. Setidaknya itu yang gw rasain.


Kadang suka ngerasa klise ya kalau ngedoain anak baru lahir trus bilang "semoga anak kamu bisa jadi anak yang baik". Atau justru agak ga jelas maksudnya "anak baik" itu yang gimana? Yang kabarnya selalu baikkah? Atau yang kalau disuruh-suruh selalu jawab "Baik,Pak! Baik,Bu!"? Naah karena gw bukan KBBI, jadi gw pake definisi gw sendiri ya..... Menurut gw "anak baik" itu adalah anak yang ketika dihadapannya ada pilihan "menyenangkan hati orang lain" atau "menyakiti hati orang lain", tuh anak milih "atau". Hahaha ga deng, milih opsi pertama pastinya. 

Susah apa gampang tuh jadinya jadi anak baik? kalau gw yang ditanya ya gw jawab susah karena gw ga punya kemampuan buat tau isi hati orang (isinya arem-arem aja gw masih bingung). Gw ga tau apa saat gw berusaha menyenangkan hati orang, orang tersebut menerimanya sesuai dengan tujuan gw yang mulia itu. Contohnya, kadang kalau kita mau kasih hadiah ke orang aja suka disalah-sangkakan. Dikira nyogoklah atau justru dikira menghina karena menganggap seseorang ga mampu. Bisa jadi juga, apa yang kita kasih diluar ekpektasi mereka dan bisa buat kecewa. Jadi menyenangkan hati orang itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tidak semudah mengedip-ngedipkan mata, atau gedek-gedekin kepala. Namun, buat gw, justru itu serunyaaaa..... 

Sampai saat ini, gw selalu suka keseruan yang gw rasain saat menyiapkan kado untuk orang lain. Rasa deg-degan apakah kado hasil tebak-tebak buah manggis gw bisa sesuai dengan yang diinginkan sama orang tersebut. Kalau akhirnya pilihan gw tepat dan yang dikasih hepi, rasanya luaaarrr biasa bahagiakkk. Milih oleh-oleh liburan buat temen atau randomly kasih hadiah ke temen atau ortu di hari-hari biasa juga seru. Pernah suatu malam, waktu gw mau ke rumah temen dan kebetulan lewat tukang kembang, gw iseng beliin sahabat-sahabat cewek gw bunga mawar padahal bukan valentine's day. Random ajah. Pengen ajah. Seru ajah. Gw sukaklah yang seru-seru hahaha...

Tentunya being nice juga ga melulu soal materi ya gengs. Sesimpel ambil rute lebih panjang dari seharusnya cuma demi jemput temen di tempat dia berada, sharing bekal makanan di kantor, nyediain kuping dan waktu untuk dengerin orang cerita, atau ajak ngobrol orangtua temen kita saat kita main ke rumahnya daripada cuma melengos langsung nyamperin temen kita di kamar juga bisa dianggap berbuat "manis". Bikin orang ketawa juga termasuk tuh. Jadi inget gw pernah bikin temen kecil gw dulu ketawa kenceng, padahal doi kalau ngomong cuma satu dua kata dan itupun pake volume infrasonik yang cuma bisa didenger sama serangga. Ngeliat tiba-tiba bisa ngakak kok ya seneng betul hahaha...Hal lain yang juga "manis" adalah memberikan compliment atau credit untuk seseorang yang berhasil. Setiap manusia pada dasarnya butuh pengakuan. Senangkan hatinya dengan mengakui keberhasilan yang dia raih dengan susah payah. 

Oiya, dan bermanis-manis ga selalu harus sama orang yang kita kenal. Ga perlu susah-susah harus ngundang anak yatim ke rumah trus kasih santunan kok. Coba deh semisal kalau lagi jajan ke warung nemu anak kecil lagi jajan juga, tawarin buat ngebayarin sekalian jajanannya. Pasti seneng tuh bocah. Karena being nice bukan berarti hanya menolong orang yang kesusahan. Karena being nice berarti membantu memudahkan seseorang menyunggingkan senyum di harinya yang mungkin kurang baik. 

Duh pokoknya banyak banget cara berbuat manis yang bisa dilakukan yang kebanyakan kita pun pasti udah tau. Cuma mungkin terkadang inisiatif juga sangat diperlukan. Jangan kebanyakan nimbang-nimbang atau mikir nanti kalau kebaikan malah dimanfaatin. Ga bermaksud ngajarin loh karena kalau dijembreng pasti juga banyak hal-hal yang gw lakuin dan bikin orang KZL, walau suweeerrrr BGT gw seumur idup belum pernah berniat dengan sengaja buat bikin hati orang ZBL. Tapi yah kalau semua orang manis-manis kan dunia jadi lebih enak buat ditinggalin gak ziiii...

Udah gitu aja yak gengss oret-oretan kali ini. Harap maklum yak gengsss, namanya juga teori gw-gw sendiri hahaha....thank you for all the nice people who are still wanting to cross their path with mine. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar