Senin, 14 Januari 2013

POST 4 : I TOOK BACK MY LIBERTY (2)


Ketidaksukaan gw akan pekerjaan gw saat itu biking gw stress banget. Pulang ke rumah muka gw udah mengkerut, males mandi (ini sih excuse ajeee), lesulah pokoknya. Yang kasian emak gw, suka jadi pelampiasan. Gw jadi nyebelin di rumah. Jadi mulai banyak alesan klo disuruh nyokap. Trus egois pengennya dingertiin nyokap klo gw capek dsb. Yang paling parah itu period gw maju 10 hari, trus selang berapa hari stop trus dapet lagi. Dari yang penyakitan jadi super penyakitan. Ga sehat deh jasmani rohani gw, hahaha..

Akhirnya, gw mikir sudah cukup alesan buat gw untuk memutuskan cabut dari kompeni itu. Alasan paling dasar banget sih I WAS NOT HAPPY. Buat gw hidup bahagia itu penting pake BANGETZZ. Jadi klo lo ga hepi dan lo tau kenapa lo ga hepi, kenapa ga lo ilangin alesan untuk tidak bahagia itu.

Proses resign gw dimulai dengan konseling dulu ke SDM (pengen keluar baik2 ceritanya). Gw ceritain niat gw buat resign dan alesannya. Si ibuk bisa mengerti. Selanjutnya gw ngadep boss gw Kepala Divisi 1, dan doi tidak serta-merta “ngelepas”. Setelah gw sampein niat gw itu, sorenya gw dipanggil lagi buat ngobrol. Kali ini gw dihadapkan sama 2 kepala bagian dan si boss gw tadi. Mereka masih berusaha bikin gw berubah pikiran. Mereka kasih contoh ada yang keluar karena mau cari yang lebih baik trus ternyata gagal di luar, dan argumen2 lainnya. Gw disuruh pikir2 lagi. Yah cepetnya mah gw blg “iya pak saya pikir2 lagi”. Padahal waktu “pikir2” gw itu udah lama banget, bahkan waktu di Dramaga juga udah kepikir mau cabs. Malamnya abis sholat Isya ada yang blg ke gw klo gw dicari General Manager Produksi, Derengderengkrikrik,krik, krik…………..

Malam itu gw dihadepin lagi sama GM Produksi. Si bapaknya intinya kaya mau tau gw tuh maunya gimana. Doi mikir gw itu kaya kebanyakan energi, tapi ga tersalur dan kerjaan gw krg menantang. Bapaknya sih cukup mau mengerti. Dia bilang, “Kamu memang mungkin cocoknya saya suruh ketemu siapa gitu trus beresin masalah disana-disini”. Beliau menyadari bahwa ada yang perlu dibenahi dari sistem SDM disitu karena kenapa orang ditempatkan tidak sesuai kompetensi dan minatnya. Bapaknya bilang “kamu pikirin dulu, jangan keburu ambil keputusan. Saya usaha dulu supaya ada perubahan. Klo perlu saya ngomong ke ibumu” (soalnya gw bilang klo nyokap gw juga ngedorong gw buat resign) weeewwww………gw sesungguhnya saat itu masih tetap dengan pendirian yang sama mau kabur ajah heheheh…Cuma kan gw menghargai niat bapaknya untuk mengusahakan perubahan itu (walau sebenrnya gw tidak terlalu optimis karena sebelum2nya memang sulit melakukan perubahan disana). Lagi2 gw bilang “oke pak, saya pikir2 lagi”.

Si bapak kemudian meminta gw dan temen2 gw anak2 MT baru buat bikin list keberatan2 kita akan sistem di perusahaan dan ide2 apa yang mau kita kasih buat saran ke perusahaan. Malam itu langsunglah gw, fikri, fuji, sholeh berkonsolidasi bikin list hal2 yang jadi concern kita. Dari masalah jobdesc (they called it multitasking, I called it “serabutan), sampe masalah tunjangan kesehatan, training untuk program MT yang tak pernah ada, dan career map yang super blur. Besok paginya gw print dan gw serahin ke GM Produksi tadi. Ternyata sama bapaknya dibawa ke rapat koordinasi bareng direksi. Temen gw si Fuji yang ikut rapatnya bilang, “Kei lo kayanya mau dipanggil Direktur SDM”. Jiaaaahhh….apalagi iniiiii…..

Besoknya lagi, gw minta ikut temen gw buat training di Hotel Mulia. Saat itu gw mikir bodo amat gw pengen jalan2, pengen cabs dari kantor. Pas makan siang gw di telpon sama boss gw. Dia bilang, “Kei, kamu besok pagi diminta menghadap ke Direktur Utama”. *kwakwakwakwawwww *jackpot

Jadilah akhirnya gw mengahadap ke Bapak Dirut. Gw pikir doi ga tau gw yang mana, ternyata pas masuk dy ngomong, “Ya, masuk Keisha. Apa kabar??”. Sambil jabat tangan. Trus setelah itu gw diminta jelasin lagi deeeeeh kenapa pengen resign. Intinya ada 4 alasan kenapa gw pengen cabs.
  1. Gw ga suka kerjaan gw,
  2.  Load kerjaan yang gw GA SUKA itu super banyak (gw megang kerjaan 2 sampai 3 org karena di posisi gw itu cuma ada gw seorang),
  3. Untuk pekerjaan yang gw GA SUKA dan loadnya banyak, gw dibayar tidak proper.
  4. They offered me higher position but why they didn't provide me with some kind of training to improve my skills. (it was MT program they said….)

Jadi bukan gw ga kuat nahan pressurenya yaah…karena toh gw udah tahanin 1,5 tahun di kompeni itu tapi memang tidak suka.

Bapak Dirut memahami kalau sistem perusahaan sedang diperbaiki. Dan kesulitannya ada pada penduduk perusahaan itu sendiri yang kebanyakan sulit menerima perubahan. They’re staying in their comfort zone too long. Sayang sekali padahal perusahaan sedang berkembang. Nah entah pertimbangannya apa, si Pak Dirut menawarkan gw satu opsi, yaitu ambil cuti panjang. Beliau pengennya klo gw resign itu karena memang gw menemukan tempat hinggap baru yang lebih baik dari kompeni itu. Jadi kalau selama cuti gw menemukan kompeni baru ya monggo aja kirim surat resignnya. Padahal syaratnya ambil cuti panjang itu kan klo udah bekerja minimal 5 tahun, tapi kata bapaknya, “klo peraturannya begitu nanti kita rubah aja peraturannya” (really??? I was flattered Sir).

Setelah kirpikir, karena gw udah bener2 ga tahan kerja di situ lagi. Gw ambil aja opsi itu. Biar cepet dan ga ditahan2 lagi. Gw bikin aja surat pengajuan cuti ga tanggung2 yaitu selama 1 tahun, hahahaha…..tapi yang dilolosin Cuma 6 bulan. Dengan syarat bahwa 6 bulan itu tidak dapat gaji, dan tidak mengurangi sisa kontrak gw atau ga mengurangi jumlah penalty gw gitulah. Ternyata, tetep ada pro kontra ttg pemberian opsi ini oleh Pak Dirut buat gw. Cuma ya biarlah itu jadi urusan bos2 aja. Proses persetujuan cuti gw juga lumayan lama tuh. Harus bolak-balik ke SDM nanya udah di tandatangan Direktur SDM atau belum karena udah mepet ke waktu mulai cuti yang gw ajuin. Akhirnya, jumat 12 Oktober 2012 Surat persetujuannya keluar.

Gw ga pikirin lagi masalah ijazah gw yang harus tertahan di kompeni itu karena jujur aja mana ada gw duit puluhan juta gitu buat nebus ijazah. Gw cuma mikir duit bisa dicari, tapi waktu ga bisa diulang lagi. Gw ga mau nanti ada di saat dimana gw bilang sm diri sendiri "yaah sayang udah telat".

So, tepat hari senin tanggal 15 Oktober 2012 gw resmi jadi pegawai nganggur. I took back my liberty :D

From shouldhaveknown-better.tumblr.com


* kayanya postingannya kepanjangan, tapi demi kerunutan cerita biarlah yaa...hehehe...nanti gw bagi2 lagi gimana si pengangguran ini mencari kerjaan keduanya. Doain semoga yang selanjutnya bisa bikin HAPPY yaaaa... Terima kasih sudah mampir ^o^

2 komentar:

  1. konsolidasi tak kunjung henti baik di masjid, ruangan kantor kosong, starbucks ORI maupun KW hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo awal bulan Starbak ORI, abis itu gajinya langsung ambles. minggu2 selanjutnya cuma mampu pecel lele sama starbak KW..hahhaa...nasibsss

      Hapus