Kamis, 10 Januari 2013

POST 2: November Has Come


Something has started today
Where did it go? Why you want it to be?
Well you know November has come
And it’s gone away
(Gorillaz – November Has Come)

1 November 2012……………..
I’d become that “special someone” who lost that “special something”. A house full of memories.

Gw berhasil survive dari kerasnya hidup (berat bossss…) ya salah satunya atas jasa rumah gw itu (rumah nenek gw sih sebenernya). Rumah yang lokasinya gw kasih nama “Bonsay 12” tiap kali gw check in via Path itu tempat gw tumbuh besar, besaaaar sekali dari umur 4 tahunan setelah emak babe gw pisah. Rumah itu dulu isinya rame banget!! Nenek gw tuh kebaikan sukanya nampung2 orang di rumah itu. Dari yang dikenal deket kaya om-tante gw dari adeknya nenek gw, om-tante gw dari “siapanya” nenek gw, sampe orang asing kaya tukang yang bangun musholla sama ada pernah bapak2 sama anaknya yang kebetulan lewat rumah dan katanya ga punya tempat tinggal. Sama doi semuanya disuruh aja pada stay di rumah itu. Coba ET pernah lewat ke Bonsay 12 yaah….aaaahh pasti seruuuu (kan kan mulai gitsss..). Jangan ditanya gimana mereka tidur di rumah yang ga bisa dibilang besar itu. Gw juga ga ngerti cuma somehow ternyata cukup2 aja tuh rumah.

Nah 1 november itu gw inget banget hari kamis. Gw lagi stay di Hotel Mega Anggrek di Jakarta Barat buat nemenin nyokap yang hari itu harus jadi pembicara seminar internasional. Lagi leyeh2, guling2 di kasur sambil nonton HBO movies. Si Ubi (panggilan “suka2 gw” ke emak gw) udah di ruang seminar. Jam sembilanan tiba2 si ubi nelpon dari bawah ke hape gw. Doi bilang “dek ubi barusan ditelpon si fajar tukang bajaj, kataya rumah tante Ida kebakaran. Kayanya rumah kita ga bakal selamat, jadi dek sekarang beres2 sebisanya trus dek bawa pulang, bantuin apa yang bisa dibantu disana. Ubi disini dulu aja ngelarin seminar”. Saat itu respon pertama tubuh gw adalah nelen ludah sambil mencerna kata2 ubi itu. Otak gw mulai mikir, rumah tante ida itu di seberang rumah gw agak serong ke kiri gitu (rumah gw di gang, jadi “di seberang” itu artinya lo bisa sekali loncat dari pager lo ke pager rumah depan). Yak! Kemungkinan rumah gw kena super sangat besar sekali.  Seakan jadi si Kim di film taken 2 yang dikasih instruksi sama bokapnya buat take action, gw pun langsung berusaha melaksanakan instruksi ubi. Dengan keadaan belum mandi gw ganti baju, packing seadanya, ambil kunci mobil, lari ke parkiran, ngeeeeeeeng………

Di jalan……………Crap! Macet ancooolll...Gw ga bisa boong deh sekuat tenaga gw berusaha ga panik tapi susah banget. Sambil nyetir gw komat-kamit. Antara berdoa memohon sama Allah supaya ada mukjizat rumah gw ga kena, sama ngomong ke diri sendiri supaya fokus nyetir dan ga panik. Kontemplasi gw gagal! Gw nyasar dua kali di sekitaran S. Parman. Bodoh. Ga tenang banget perasaan gw di mobil. Salah satunya hal yang bisa sedikit ngalihin kegalauan gw adalah sakit perut yang tiba-tiba datang. Faaaakkkkk!!!

Gw sempet ngetwit minta doa ke temen2 sebelum berangkat. Jadinya sepanjang jalan banyak banget temen yang bbm dan nelpon gw buat konfirmasi. But due to the barely concentrated mind and that “mules” stuff I couldn’t reply them.

Sampe sekitaran harmoni, jalanan masih tersendat. Gw memberanikan diri sms pembantu gw di rumah. 3 pertanyaan gw kasih ke dia (tanpa pilihan bantuan tentunya yah brosist). Pertama, gw tanya apa rumah gw udah kena. Kedua, posisi mbak gw dimana. Ketiga, Om Ajes aman apa ga. Pembantu gw bales, “mbak aku udah di lapangan parkiran di dalem mobil. Apinya besar mba kayanya rumah udah ga bisa selamat. Om ajes aku belum lihat lagi sejak tadi angkut2in barang”. Wuiiiihhhhh………..rasanya pengen nangis meraung2 karena doanya ga dikabulin sama Allah. Cuma ternyata energi buat nangis pun ga ada. Perasaan galau pun akhirnya berubah jadi pasrah. Yang tadinya masih ngotot ngebut biar cepet sampe rumah, udah ga lagi. Gw sms nyokap, “Bi, rumah kita sudah kena. Nanti kita cari rumah baru ya bi”. Merinding gw sms emak gw.

Sampe area rumah, gw parkir mobil di jalur cepat karena jalur lambat ke gang gw udah penuh sama mobil pemadam kebakaran. Langsung ke lapangan parkir ke mobil gw atu lagi. Mbak gw duduk ditemenin sedikit barang-barang yang berhasil selamat sambil nangis. Doi bilang, “mbak maaf ya aku ga bisa nyelametin banyak”. si cewek-sok-kuat ini Cuma bilang “gak apa2 mbak, surat2 berhasil selamat aja Alhamdulillah. Nanti aku bikin rumah baru biar mba kamarnya bisa gedean, hehehehe..”. Dari tempat gw bisa keliatan tuh api masih nyala2 di lokasi rumah gw, tapi beneran gw udah pasrah aja. 

Abis nenangin mbak gw, gw lari ke arah rumah buat buang air karena mulesnya ga ilang juga. Baru lari agak jauh dari mobil eh gw baru sadar klo rumah udah gosong logikanya wc tempat gw semedi tiap pagi juga udah ga ada dong yeeee…..gw langsung rubah arah ke alfa express deket situ, tapi sialnya doi ga pake pam jadi airnya mati karena ga ada listrik (untung aja gw ngecek dulu sebelum eksekusi). Klo mules tiba2 otak gw bisa bekerja lebih giat. Tiba2 kepikiran buat nyebrang aja ke hotel cempaka karena udah jelas wcnya pewe dan pasti ada air. Yaaa, disanalah eksekusi gw laksanakan. Lesson learned : sepanik2nya lo karena rumah lo kebakaran, lebih panik kebelet pup sodara2……

Setelah perut gw ga bergejolak lagi, gw memberanikan diri masuk gang buat liat kondisi rumah. Daaan beginilah kondisinya waktu gw sampe.

Barisan blangwir di depan gang rumah gw.
                                   
Pas gw sampe tinggal asepnya yang masih ngebul.
Jalan masuk ke rumah penuh selang sama becek.
                                   
Reruntuhan rumah gw.



Bangkainya. Entah kenapa isi kamar nenek gw itu ga angus. Isinya utuh.


Asap tebel banget, bau gosong, gang gw penuh selang sama air. Kamar gw di lantai dua udah ga ada sama sekali. Rumah2 disana emang rata2 lantai atasnya terbuat dari kayu dan triplek gitu, makanya cepet banget dilalap api. Udah liat kondisi begitu hal selanjutnya yang gw lakuin adalah nyari om gw. Keliling2lah gw nanya2 ke semua orang om gw dimana. Om gw itu soalnya jiwanya heroic banget gt, takutnya doi tetep bantuin orang2 madamin api padahal beresiko banget. Takut banget dia kenapa2. Setelah agak panik nyari karena ga ketemu2 dan ditelpon juga ga bisa, akhirnya om gw ditemukan di pinggir jalan lagi duduk di trotoar. Terlihat kelelahan.

Sesiangan gw cuma duduk di mobil bareng pembantu gw. Makan nasi bungkus yang dibeliin om gw, juga di mobil. Felt like a gipsy girl.

Di tempat yang berbeda yaitu di Hotel Mega Anggrek, emak gw juga berusaha nenangin diri. Buat dia api itu hal mengerikan. Dulu waktu gw SD pernah juga ada kebakaran gedeeee banget di deket lokasi rumah gw itu. Untungnya saat itu rumah gw selamat. Trus dulu emak gw juga pernah punya toko di Tanah Abang, tapi lagi2 ikut kebakar waktu kebakaran besar di Tanah Abang tahun 2003. Klo menurut cerita ubi, setelah dapat kabar kebakaran dan nyuruh gw pulang dia minta ijin buat ga ikut seminar sesi itu (waktu itu belum giliran nyokap buat delivered the presentation). Doi ke kamar, trus sholat katanya. Berdoa sama nenangin diri. Setelah berhasil nenangin diri, habis makan siang ubi lanjut lagi deh seminarnya. Ubi berhasil nyampein presentasinya tanpa pesertanya tau klo ibuk itu lagi kebakaran rumahnya. Ga pernah ga bangga gw sama emak gw soal kekuatan mentalnya. Banyak banget deh masalah idup yang dia lewatin tapi jarang banget gw liat dia nangis. Paling klo maagnya kambuh hehehehe……

Sorenya pembantu gw minta dipulangin ke kampungnya karena kayanya dia super shock liat api. Oke gw anter ke terminal. Itu juga baik buat gw karena ga terlalu banyak orang jadinya yang harus gw “amanin”. Malam itu gw memutuskan untuk balik ke hotel dan nginep disana semalam lagi karena nyokap punya jatah dari panitia. Di kamar malemnya ngatur strategi sama nyokap. Nyokap bilang “bersedih jangan lama2!”. Okeeeh berangkat biiiii…..hahahhaa…diputuskanlah klo kita bakal tinggal sementara di rumah tante Anos (sepupu nyokap) di tanjung Priok. Setelahnya pelan-pelan bakal cari rumah baru karena agak trauma tinggal di gang.

Nyokap kecapean jadi tidur duluan. Pas ubi tidur sambil ngeliatin dia gw ngomong sama Tuhan “God, You can take my house but please not my home”. Yeaah my home was sleeping peacefully beside me. So, I cannot say I lost everything. She’s my everything :D

Masist dan mbakbro, percaya deh semua kejadian ada alasannya, everything happens for a reason, tout arrive pour une raison. Dari berjuta-juta penduduk Jakarta yang hari itu mungkin dengan semangatnya menyambut hari pertama November, kenapa harus gw jadi salah satu orang terpilih yang jadi korban kebakaran. Tiap hari, di twitter gw baca sering banget ada kebakaran. Ga pernah mikir klo suatu hari gw bisa jadi salah satu korban. Positipnya sih gw mikir, I was that “special someone” whom God chose to showed His careness. Setidaknya Tuhan ga lupa sama gw. Dengan kejadian ini juga gw sekeluarga (ubi, Om Ajes, dan gw) jadi lebih kompak. Gw juga jadi sadar banget klo ternyata I made a lot of friends in my life. Yang juga super peduli banget sama gw.

Okee….jadi begitulah cerita tentang salah satu korban kebakaran di Bonsay. Lupa bilang klo Bonsay itu stands for Kebon Sayur, hahahaa…….Rumahnya sekarang lagi dibangun lagi. Kalau udah kelar nanti gw share. See you on the next post guysss…


NB: Makasih buat temen2 yang super peduli sama gw. Buat Titi, orang pertama yang nelpon gw buat konfirmasi beritanya. Prima, Putri, Sharah yang langsung nyamperin ke rumah dan bela2in cabut dari kerjaan buat kasih gw support. Sata, nicky, pugar, yayuk yang nemenin sore gw ngobrol2 di trotoar jalanan dan udah nyampein amanat dari sipil 2006. Vivi, wulan, latu yang malamnya datang bawain gw breadtalk sekantong banyak banget. Onen dan keluarga yang bersedia menampung korban kebakaran ini buat numpang mandi. Anak2 singkong yang lain makasih pukpuknyaa. Temen2 sipil 2006, senior2, junior2, temen2 216, temen2 smandel makasih bantuan doa, moril, materilnya. Semua temen2 gw pokoknya semuanya deeeh. This thing would be havier if I didn’t have you all..Makasih yaaaaaa….



3 komentar:

  1. Keiyyy.. bangga punya temen kayak lo.. lo kuat bgt keiy.. salam buat nyokap yaa.. tante hebat!!.. keiy, blog lo ini kalo jadi buku bagus lo keiy.. inspiratif, gaya mulis lo juga enak dibaca dan bisa bikin pembaca terhanyut.. caelaahh.. bikin buku keiyyy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amayyy!! tengkiuh mayy...life must go on katanye sih mayy hahahaa..gw pengen bikin buku mayy, tapi pengennya buku nikah. Eyyaaaaa..hahaha

      Hapus