Senin, 30 Juni 2014

POST 14: Japan Trip Part 6 (Nagoya dan Itinerary Detail)

Hari kedelapan 30 mei 2014, menuju nagoya. Pagi-pagi pas mau check out, gw sempetin browsing tentang bandara Nagoya yaitu Chubu atau Centrair Airport. Rencana awal kita mau bermalam di bandara lagi karena besok pesawat ke Jakarta akan take off sekitar jam 9. Eeh taunya di website resmi bandaranya dijelasin kalau bandara ga buka 24 jam. Hanya sampai jam 23:00, setelah itu semua pengunjung harus keluar dari area gedung bandara. Buru-buru deh kita book hotel di nagoya.

Dari stasiun kereta Kyoto, kita naik shinkansen menuju Nagoya station. Nagoya sendiri ada di jalur shinkansen Kyoto-Tokyo. Lama perjalanan hanya setengah jam. Kalau mau diterusin ke Tokyo tinggal nambah 2 jam lagi. Sampai Nagoya ga banyak yang bisa dilakuin karena waktu udah sore juga. Untung hotel dekat stasiun jadi Cuma perlu jalan kaki. Karena ga mau ribet besokannya. Gw tinggal koper gw di coin locker di stasiun Nagoya. 600 yen per 12 jam kalau ngga salah. Ke hostel Cuma nenteng ransel aja. Malamnya gw keliling-keliling nagoya. Berkunjung ke 3 starbucks dengan susah payah karena tanya sama orang ribet banget ngomongnya. Gw sama temen gw nyari tumblr buat oleh-oleh. Lumayan dapet minum gratis tiap beli tumblr. Kita abisin waktu sampai malam di starbucks Central Tower diatas stasiun Ngoya lantai 13. Viewnya bagus, percis Singapore lah kotanya. Setelah puas kita balik ke hotel untuk istirahat karena besok pagi-pagi harus ke bandara.

Tampak Depan Kyoto Station. Dalemnya bagus banget banyak toko-toko dan rapih. Sayang ga sempe foto bagian dalam karena ngerjar kereta
Tiket shinkansen seharga 5070 yen sudah terbeli. Ini tanpa reserved tiket ya. Jadi kita bebas duduk di bangku mana aja yang kosong di gerbong nomor 2.
Platform 12 ke Nagoya.
Deretan Gerbong Shinkansen
Bagian dalam gerbong.
Central Tower pusatnya kesibukkan Nagoya. Stasiun kereta ada di bawahnya.
Di balkon Central Tower banyak bunga dan banyak bangku-bangku buat pacaran.
Penyesalan datang belakangan. Nyesel ga beli ini sekarang pengen.

Hari kesembilan 31 mei 2014, menuju airport naik ariport train dari Nagoya Station. Selalu suka sama kota yang punya akses kereta sampai ke bandara. Menurut gw ini moda transportasi yang paling efektif dan murah. Sekitar jam 9, pesawat take off kembali ke Tanah Air dengan satu kali transit di KL. Di pesawat bablas tidur dengan perasaan seneng, puas, dan rasanya kaya berasa tambah kaya gitu gw padahal duit bekal yang dicita-cita mau dihemat-hemat supaya masih bisa idup di jakarta udah ga ada bekasnya di dompet hahaha...

So overall, jepang itu negaranya yang lucu. Di satu area kita bisa ngerasain modernisasi yang luar biasa, tapi di area lain yang sebetulnya ga terlalu jauh kita bisa ngerasain budaya jepang yang sangat kuat. Soal makanan, menurut gw yang doyan makan sih enak-enak banget. Bener sih kata temen gw, makanan disana emang mahal tapi kalau dilihat kualitasnya emang ada harga ada barang.

Oiya berikut detail itinerary perjalanan gw kemarin. Kalau butuh excellnya bisa kontak gw biar gw email ya.

Nah terakhir, pelajaran yang gw dapat selama dan setelah trip ini yang mungkin bisa jadi tambahan info untuk temen-temen.
  1. Harus rajin browsing untuk mengenal tempat yang mau dituju dan terutama untuk dapetin beberapa alternatif cara dan harga untuk segara aktivitas disana. Untuk jadwal dan rute kereta bisa buka www.hyperdia.com dan untuk bekal menysusun rute jalan-jalan selama di tokyo bisa buka http://www.gotokyo.org/en/tourists/areas/index.html
  2. Pengeluaran terbesar di Jepang itu kalau buat gw kemarin adalah transportasi. Makanya usahakan beli tiket terusan untuk kereta atau bus di tiap kota.
  3. Harus bijak kalau mau beli JR Pass karena harganya yang ga murah. Bisa ikutin cara gw dengan naik pesawat murah daripada mahal bayar shinkansen.
  4. Di jepang ga seperti singapur yang memfasilitasi kita dengan free wifi, free wifi paling ada di bandara dan hostel. Untuk pakai simcard sana di hape kita pun ga bisa sembarangan. jadi kemarin gw dan rombongan milih untuk sewa mobile router untuk 9 hari. Kita pilih yang bisa untuk connect ke 5 devices. Biayanya sekitar 600ribu untuk 4 orang. Jauh lebih murah dibanding harus aktifin roaming internasional. Koneksi bagus banget, sewanya gampang dan ga ribert, alatnya akan diantar ke hotel dan untuk pengembalian cukup cemplungin di kotak pos dimana aja di seluruh jepang. Berikut alamat webnya www.japan-wireless.com
  5. Untuk makanan modal gw cuma nanya “is it Gyu (beef) or Buta (pork)?” supaya ga ragu atau ga ya makan seafood aja.
  6. Kalau mau ke disneysea ada baiknya datang sebelum atau pas jam buka, setelah itu ambil semua kartu antrian di wahana yang paka sistem itu. Kalau bukan penggemar princess2-an dan males antri mending ke Fujikyu Highland Theme Park di kawaguchiko. Satu theme park isinya roller coaster semua. Lebih nampol hahhaha.
    Itulah certia perjalanan liburan gw ke Jepang kemarin. Bukan trip yang fancy karena yang dicari bukan kenyamanan akomodasi dan transportasi tapi justru petualangannya, nyasar-nyasarnya, geret-geret kopernya, jalan kakinya, dan kere-kerenya disana. Terimakasih buat yosua, ocep, dan nesha yang udah bikin perjalanannya tambah seru dan bersedia fotonya gw jembreng disini hahaha semoga ada rejeki dan kesempatan bisa bertualang bareng lagi yakk kaka-kakaaa...Dan semoga cerita ini cukup detail untuk kasih gambaran ke temen-temen yang merencanakan perjalanan ke Jepang.